TRADISI MEGANGSINGAN

Desa Pujungan merupakan salah satu desa yang masih setia melesatrikan budaya bali,salah satunya adalah tradisi megangsingan. Gasing merupakan salah satu alat layaknya piringan yang bisa berputar denagn cara ditarik dan dihempas. Di desa pujungan semua lapisan masyarakat sanagt menggemari permainan gasing ini,mulai dari anak muda sampai orang tua sangat menggemari permainan ini. 



Banyak warga berharap, permainan gangsing ini bisa menjadi daya tarik wisata agar permainan gasing pujungan bisa dikenal di dunia. Seperti bermain golf,  gangsing sesungguhnya punya daya tarik dalam hal memukul. Dalam bermain golf, konsentrasi memukul bola diarahkan agar bisa mendekati lubang. Dalam bermain gansing, cara memukul dilakukan dengan sedemikian rupa untuk mengenai gangsing lawan, agar gangsing lawan bisa jatuh dan berhenti berputar. Setiap sore di desa pujungan sering terdapat lomba megangsingan yang dikkuti oleh para pemain dari masing-masing banjar. 

Meskipun teknologi dan permainan saat ini lebih menjanjikan,namun generasi penerus di pujungan masih mencintai budaya dan tradisi mereka,SALUT.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar