GUNUNG BATUKARU

(Gunung Batukaru)
Gunung Batukaru ada pula yang menyebutnya Batukau, adalah gunung tertinggi kedua di Bali dengan ketinggian 2.276 mdpl. Aktivitas gunung ini dapat digambarkan sebagai dormant. Gunung Batukaru adalah puncak tertinggi di daerah Bedugul, yang terletak di Kabupaten Tabanan. Gunung Batukaru memiliki kawah terbesar di Bali, tapi kawah ini terbuka di ujung selatan, memungkinkan sungai Mawa untuk meluncur.
(Puncak Gn. Batukaru)

Gunung Batukaru ini menawarkan  daya tarik untuk kita yang suka banget wisata tracking dan mendaki gunung. Kawasan Batukaru ini dapat ditempuh dalam 40 menit dari pusat kota Tabanan atau sekitar 1 jam 20 menit dari Denpasar. 

Batukaru memiliki dua jalur pendakian umum. Jalur pertama melalui Wongaya Gede, Tabanan. Masuknya dari pintu gerbang Pura Batukaru. Jalur kedua bisa ditempuh dari desa Pujungan. Desa Pujungan berada di jalur jalan alternatif yang menghubungkan Tabanan dengan Pupuan yang berada di sisi utara pulau Bali. Pengalaman penulis, dengan speed yang sangat santai puncak bisa dicapai via Wongaya Gede selama -+ 8 jam (pendakian malam) dan puncak dicapai dari jalur Pujungan -+5 jam (pendakian siang).

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar